Portal Berita Online, Share Informasi Berita Terbaru Terkini dan Terupdate 2018

Tips Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Alami

Jual Aneka Obat Herbal,Obat Pembesar Penis Herbal,Pembesar Penis Alami,Alat Bantu Sex Toys,Obat Kuat Vitalitas,Obat Perkasa Herbal,Sex Toys Pria Dan Wanita,Alat Pembesar Penis Dan Payudara,Obat Pelangsing Badan Herbal,Produk Kosmetik Herbal Bebas Mercury,Suplemen Kesehatan Herbal,Aneka Kondom Dan Ring Duri Silikon Import,Obat Perangsang Wanita Serbuk Dan Cair, Obat Tahan Lama Serta Tips Info Seputar Kesehatan Dan Kecantikan

Cara menurunkan kolesterol jahat secara alami merupakan solusi terbaik untuk menurunkan kolesterol tinggi selain harus mengkonsumsi obat. Kolesterol merupakan lemak yang terdapat pada sel tubuh maupun darah. Tahukah anda, sebenarnya kolesterol tidaklah merugikan bagi kita, sebaliknya justru bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Karena kolesterol ini mempunyai peran penting dalam proses pembentukan dinding sel, selain itu kolesterol juga bermanfaat untuk membentuk hormon. Nah sebelum mengetahui tips kesehatan tentang cara menurunkan kolesterol secara alami ada baiknya terus baca topik kali ini sampai tuntas ya.

Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol


Memang benar kolesterol bermanfaat untuk kesehatan kita, namun saat kadar kolesterol tersebut mulai meningkat dan melebihi ambang batas, saat itu pula anda harus mengatasinya agar tidak menimbulkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kolesterol yakni jantung koroner dan stroke, salah satu penyakit yang dapat berujung pada kematian apabila tidak segera diobati.

Perlu anda ketahui, kadar kolesterol pada tubuh kita dikatakan normal apabila kurang dari 200 mg/dl. Dan apabila kadar kolesterol sudah melebihi 240mg/dl, maka sudah dapat dikatakan kadar kolesterol meningkat atau tinggi.

Seperti halnya penyakit lainnya, pasti ada faktor yang menyebabkan suatu penyakit dapat timbul. Beberapa faktor penyebab tingginya kadar kolesterol yakni seperti pola makan yang tidak sehat, kurangnya melakukan olahraga, dan masih banyak lagi. 

Tips Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Alami

Nah bagi anda yang menderita kadar kolesterol tinggi, anda dapat mencoba berbagai cara untuk menurunkannya. Mungkin banyak orang memilih untuk mengkonsumsi obat penurun kolesterol, namun sebenarnya hal tersebut tidak akan berpengaruh jika pola hidup anda masih sama. Untuk itu anda perlu cara menurunkan kolesterol secara alami yang ampuh dan sudah terbukti. Berikut ini beberapa cara untuk menurunkan kolesterol yang dapat anda coba.

1. Olahraga Rutin
Untuk melakukan olahraga anda tidak harus menjadi member gym dan membayar mahal. Anda cukup melakukan olahraga kecil seperti jogging atau jalan ditempat. Selain dapat menurunkan kolesterol olahraga ini juga dapat menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, menurunkan darah tinggi, dan masih banyak lagi.

2. Kurangi Konsumsi Gluten
Gluten merupakan kandungan makanan yang terdapat dalam pati, misalnya tepung. Sebaiknya anda mengurangi makanan yang terbuat dari tepung dan gandum, karena biasanya produk gandum mengandung gluten yang tinggi, jadi tidak selamanya makanan dari gandum itu sehat.

3. Tidur dan Istirahat Cukup
Bagi anda yang menderita kolesterol tinggi sebaiknya mulai menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup. Pasalnya salah satu penyebab kolesterol meningkat yakni karena kurang tidur dan istirahat. Setidaknya anda dapat tidur 8-10 jam agar tubuh tetap fit, peredaran darah lancar, dan proses metabolisme tubuh juga lancar.

4. Mengubah Pola Makan
Pola makan sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol anda. Nah untuk menjaga dan menurunkan kadar kolesterol, anda dapat memperbanyak asupan nabati seperti sayuran, biji-bijian, dan juga buah-buahan. Makanan seperti kacang-kacangan juga dapat menjadi pilihan tepat untuk mengganti asupan.

5. Vitamin D
Seiring bertambahnya usia maka berkurang pula kemampuan tubuh untuk membentuk vitamin D dari sinar matahari. Sedangkan vitamin D sangat berhubungan dengan kolesterol tinggi, jadi anda dapat melakukan pemeriksaan vitamin D dalam darah, jika ternyata rendah, tidak ada salahnya pula mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D.

6. Periksa Kadar Gula Darah
Tingkat glukosa yang tinggi dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat. Selain itu juga dapat meningkatkan trigliserida (merupakan lemak dalam darah yang sangat berbahaya dan merupakan sisa kolesterol). Jadi anda dapat mengecek terlebih dulu kadar gula darah, jika ternyata tinggi maka segera mencari solusi.

7. Kurangi Lemak Perut
Kadar kolesterol anda juga dipengaruhi oleh lemak diperut, selain itu lemak yang berada diperut juga lebih berbahaya ketimbang lemak pada bagian tubuh lainnya, karena lemak pada bagian ini dapat berbahaya bagi jantung.
Bagi anda yang mempunyai perut buncit dan penuh dengan lemak silahkan baca artikel : Cara Membakar Lemak Perut.

8. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Anda dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Namun direkomendasikan konsumsi buah dan sayur yang mengandung fitosterol, karena buah dan sayur yang mengandung fitosterol juga mengandung kadar serat yang dapat menetralisir serta mempercepat penyerapan kolesterol dalam usus. Beberapa buah dan sayur yang mengandung fitosterol yakni seperti anggur, apel, kacang tanah, kedelai, pisang, melon, buncis, brokoli, dan kembang kol.

9. Hindari minuman bersoda
10. Kurangi asupan makanan yang mengandung kadar lemak jenuh dan lemak trans
11. Kurangi mengkonsumsi daging yang berlemak
12. Kurangi makanan yang digoreng
13. Kurangi makanan berkolesterol

Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

1. Jus Kubis
Dalam kubis terdapat kandungan protein, lemak, air, kalsium, fosfor, tinamide, serat, betakaroten, senyawa sianohidroksibutena (CHB), dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut sangat baik dikonsumsi oleh penderita kadar kolesterol tinggi. Anda dapat membuat jus kubis lalu mengkonsumsinya.

2. Buah Alpukat
Buah ini mengandung asam folat, niasin, kalium, fosfor, vitamin (B1,B6,C,E), dan masih banyak lagi. Sehingga buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi.

3. Oatmeal
Selain enak, oatmeal juga dapat memberikan rasa kenyang tanpa perlu kawatir akan kolesterol tinggi. Pasalnya dalam oatmeal mengandung serat larut yang dapat berubah menjadi gel dalam tubuh. Selain itu makanan ini juga dapat mengeluarkan kolesterol dari tubuh anda.

4. Buah Belimbing
Selain mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan, belimbing juga mengandung serat yang dapat mencegah penyerapan lemak sekaligus menurunkan kadar kolesterol. Jadi mulailah mengkonsumsi buah yang satu ini, anda dapat mengkonsumsi buah belimbing manis setelah makan pagi dan malam.

5. Ikan dan Omega 3
Anda dapat mengkonsumsi ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 minimal satu porsi dalam seminggunya. Beberapa ikan yang mengandung omega 3 yakni seperti salmon, tuna, dan trout. Makanan jenis ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda apabila dikonsumsi secara teratur.

6. Kayu Manis
Kayu manis ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, caranya yakni dengan mengkonsumsi 1/2 sendok teh kayu manis dalam sehari. Anda dapat mengkonsumsinya secara rutin.

7. Teh
Dalam teh terdapat komponen bioaktif yang paling dominan, komponen tersebut bernama "epigallocatechin gallate (EGCG)", komponen tersebut terbukti dapat mencegah terjadinya percepatan oksidasi kolesterol jahat atau LDL.

Nah itulah beberapa cara menurunkan kolesterol jahat secara alami beserta beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol. INGAT, tidak ada gunanya mengkonsumsi obat untuk menurunkan kolesterol apabila pola hidup anda masih sama saja, jadi yang terpenting adalah mulailah dengan gaya hidup sehat. Semoga informasi kesehatan mengenai cara menurunkan kolesterol secara alami kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tips Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown